Senin, 23 Maret 2009

buat Novel

buat Novel



Mungkin diantara kita ada yang bingung bagaimana memulai menulis atau membuat sebuah cerita yang bagus untuk dibaca. Sesorang pengarang buku yang bukunya sudah diterbitkan bahan sudah menjadi best seller adalah orang biasa seperti kita yang makannya nasi sama minum air. Tapi, bagaimana para creator itu bisa membuat karya yang sangat luar biasa yang membuat orang-orang rela mengeluarkan kocek mereka untuk membeli bukunya.

Untu membuat sebuah karya yang yang yang dilakukan adalah jangan berfikir, masudnya, jangan berfikir karya yang akan kita buat nanti apakah akan bagus atau tidak,enak dibaca atau nggak, blab bla bla…. Buang semua fikiran bingung itu biarkan tanganmu bergoyang sebebas-bebasnya mengeluarkan apa yang ada di pikiranmu dan jangan membatasinya, masalah salah ,ada yang kurang, atau yang mesti ditambah itu belakangan setelah karyamu sudah selesai.

Tapi sebelum memulai ada yang mesti kita lakukan. Misalkan, jika kita mau menulis sebuah novel yang kita lakukan pertama kali adalah:

Penentuan Ide, yaitu dengan cara brain storming. Pikirkan lah sebuah ide yang mau diangkat menjadi sebuah cerita, gak usah yang ribet-ribet en rumit ckukup yang sederhana aja tapi enak buat diceritakan.bisa dari:

o Memotret realitas,

o Menggagas hal baru, atau

o Mengambil inspirasi atau imajinasi

Pengembangan Ide, diantaranya:

Penokohan, terdiri dari tokoh utama dan figuran, siapa saja dan berapa banyak orangnya. Dan jangan lupa pula penggambaran karakter yang jelas bagi setiap tokohnya.

Setting, tentukanlah dimana cerita itu terjadi bisa dibilang penggambaran tenpat dan suasana dala cerita

Alur, dimana cerita itu mengalir dari awal hingga endingnya, ada beberapa tehnik membuat alur cerita.Contohnya, dengan alur maju, alur mundur (flashback), puzzle (tulis potongan cerita yang terpikir lebih dulu), suspense (menciptakan ketegangan dalam cerita), atau bisa juga dengan cara free style.

Selamat berkarya…

Tidak ada komentar: