Selasa, 24 Maret 2009

Mnemonic, teknik mengingat cepat

Tenik mnemonic sudah dikenal sejak zaman dahulu kala dan dipergunakan oleh beberapa kalangan dalam pekerjaannya, seperti ahli pemasaran, pengacara perusahaan, bahkan pelajar. Setidaknya itulah informasi yang saya sunting dari beberapa artikel internet. Tapi sebenarnya apa itu mnemonic?

Dalam acara “The Master”, sebuah acara pemilihan megician (ahli sulap) di salah satu stasiun TV di waktu yang lalu saya mendengar kata mnemonic ini sebagai sebuah teknik ynag dipakai oleh saah seorang peserta dan saya langsung mencari tau tentangnya.

Mnemonic adalah rumusan atau ungkapan untuk membantu mengingat-ingat sesuatu (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Dan menurut Stine, mnemonic adalah kemampuan otak untuk menghubungkan kata-kata, ide, dan khayalan. Berdasarkan definisi tersebut dapat dikatakan bahwa mnemonic adalah teknik untuk memudahkan mengingat sesuatu yang dilakukan dengan membuat rumusan atau ungkapan, atau menghubungkan kata, ide, dan khayalan. Dengan kata lain mnemonic berarti teknik untuk mendayagunakan daya ingat dengan cara-cara tertentu.

Bagaimana cara kerjanya?

Sebelum dijawab, sebenarnya ada beberapa macam teknik mnemonic. Salah satunya adalah metode berkait. Metode ini bekerja berdasarkan asumsi bahwa pikiran tidak berfokus pada satu hal. Pikiran selalu berlompatan. Jika satu pikiran muncul, maka akan disusul pikiran lain. Dengan mengaitkan pikiran-pikiran itu, akses menjadi mudah. Intinya adalah mengingat kata-kata kunci dan menyusunnya dalam sebuah cerita (khayalan). Kenapa cerita? Karena orang pasti lebih mengingat jalan sebuah cerita dari pada menghafal 100 kata yang saling berlainan dikepalanya.

Mungkin jika dalam teori belum tergambar maka kita langsung pada praktek:

contohnya ada orang disuruh mengingat kata-kata berikut: belalai, kucing, kipas angin, angkasa, eropa, air, Jupiter, mobil, rumah, dan guru.

Jadi, kalau dengan mnemonic: belalai itu mengikat sikucing yang sedang memegang kipas angin dan melemparnya jauh keangkasa sampai-sampai jatuh di eropa dan tercebur di air comberan dekat motor Jupiter dan mobil avanza yang diparkir. Setelah terjatuh ia baru sadar dan si kucing melihat rumah yang mewah yang didepan pintunya ada seorang guru.

Cerita yang aneh kan? Namanya juga ngayal.

Dengan tenik mnemonic ini kita bukan hanya mengingat katanya tapi juga memvisualisasikan pada gambaran bentuk di dalam cerita, dan saling keterkaitan danlam cerita itu makin memperkuat daya ingat terhadap kata-kata diatas.

Untuk tulisan kali ini sampai disini dulu,

lain waktu kita sambung dengan tema yang lebih bermutu,

terimakasih sudah membaca untukmu

dan udah dulu.Yu...

selamat mencoba!…

Tidak ada komentar: